Bandung

time

Pages

Senin, 03 Februari 2014

Cihampelas Tempo Doeloe



 


Cihampelas Bandung 1913awasan Cihampelas merupakan salah satu ikon Kota Bandung yang terkenal sebagai pusat jins. Sejak tahun 2004 di kawasan ini terdapat kompleks perbelanyaan “Cihampelas Walk” alias “Ciwalk” yang sudah terkenal kemana-mana. Pada jaman dahulu, Cihampelas merupakan desa yang nyaman. Daerahnya tenang, udaranya segar. Menurut cerita, jalan tersebut dinamakan Cihampelas karena disana bayak terdapat pohon hampelas. Nama pohon itu diambil karena salah satu sisi daunnya kasar sehiga menyerupai kertas ampelas yang biasa digunakan untuk memperhalus permukaan kayu.

Pada awal 1900an di Cihampelas terdapat salah satu jalan bernama Tjihampelaslaan (= Jalan Cihampelas) tetapi lokasi berbeda dengan Jl Cihampelas yang modern (yang melewati Ciwalk) yang pada awal tahun 1900an bernama Lembangweg (= Jalan Lembang). Tjihampelaslaan yang asli kini bernama Taman Hewan (sambungan Jl Siliwangi) mungkin karena terdapat kebun binatang di dekat situ. Taman Hewan tersebut menyeberangi Sungai Cikapundung, dekat pemandian Cihampelas. Daerah di sekitar situ adalah lokasi yang digambarkan di kartu pos ini.

Kartu pos dibuat dari foto hitam-putih yang diberi warna secara manual. Lima orang Eropa sedang berplesir ke Sungai Cikapundung. Mungkin foto merupakan potret keluarga. Mereka memakai baju yang terlalu bagus untuk tempat basah seperti ini kecuali cowok di sebelah kanan yang sudah lepaskan sepatu dan kaki celana digulung. Foto mengarah ke utara dengan gunung Tangkuban Perahu sebagai latar belakangnya. Sekarang daerah ini sudah menjadi pemukiman kumuh yang padat dan pemandangan indah seperti di kartu pos tidak ada lagi.

0 komentar:

Posting Komentar